Senin, 28 Desember 2009

Perilaku Konsumen 3

Promo Bebas Bicara Seharian dari simPATI (Suatu Bentuk Inovasi)


Terhitung mulai 1 Oktober tahun ini, Telkomsel mengeluarkan layanan baru bagi para pelanggan simPATI yang dinamakan 'simPATI TalkMania'. Layanan ini membebaskan pelanggan simPATI untuk menelepon seharian (baca: 24 jam) dengan tarif yang sangat hemat, yaitu Rp. 25.000,-
Seiring dengan maraknya 'perang' tarif antar operator seluler, baru-baru ini simPATI juga menawarkan program 'simPATI TalkMAnia', yaitu sebuah program yang membebaskan pelanggannya untuk menelepon seharian (24 jam) ke lebih dari 44 juta nomor Telkomsel di seluruh Indonesia yang berarti juga ke lebih dari 50% pengguna ponsel di Indonesia, hanya dengan biaya Rp. 25.000,-

Untuk menikmati layanan ini, pelanggan cukup mengirimkan SMS (gratis) ke 8999, dengan mengetikkan 'TALKMANIA'. Selanjutnya pelanggan akan mendapat SMS konfirmasi, setelah itu berarti pelanggan sudah dapat bertelepon sepuasnya selama 24 jam ke semua nomor simPATI di seluruh Indonesia, mulai pukul 07.00 sampai dengan 22.00 hanya dengan Rp. 25.000,- yang langsung dipotongkan dari pulsa yang ada pada pelanggan. Layanan ini dapat dipergunakan setiap hari oleh pelanggan asalkan orang tersebut termasuk dalam 100.000 pendaftar pertama setiap harinya.

Dari segi perhitungan ekonomis konsumen, tentu saja layanan ini sangatlah menguntungkan para pengguna simPATI. Bandingkan saja dengan penggunaan tarif reguler simPATI, terutama pada jam-jam kerja (peak hours), tentunya layanan ini sangat menguntungkan. Begitu pula jika dibandingkan dengan perhitungan ekonomis pemakaian 24 jam beberapa operator yang lain. Menurut Direktur Niaga Telkomsel Yuen Kuan Moon, inovasi layanan TALKMANIA ini tetap manambah benefit simPATI sebagai kartu prabayar yang paling banyak digunakan pengguna seluler di Indonesia, terlebih karena TALKMANIA ini berlaku pada jam sibuk (07.00 – 22.00) dimana kebutuhan dan intensitas untuk menelepon sangat tinggi.

Dari uraian diatas dapat dilihat bahwa perusahaan Telkomsel tengah melakukan suatu bentuk promosi & inovasi yang besar-besaran dalam rangka menghadapi persaingan antar sesama provider telepon seluler yang semakin ketat. Dalam hal ini telkomsel melakukan inovasi yang dianggap dapat menambah atau bahkan meningkatkan minat komsumen untuk terus menggunakan provider Telkomsel dengan cara yang telah diuraikan diatas. Menurut saya inovasi yang dilakukan Telkomsel ini sudah sangat baik, karena masih sangat jarang (apalagi untuk ukuran provider yang bisa dibilang menguasai pasar) berani/mau melakukan inovasi seperti ini. Tapi demi mempertahankan pangsa pasarnya perusahaan Telkomsel akan terus melakukan inovasi-inovasi yang akan tetap membuat dia menjadi yang terdepan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar