Kamis, 12 November 2009

Perilaku Konsumen 2

SEGMENTASI PASAR dan KOMPONENNYA

Perilaku konsumen menjadi masukan bagi pemasar untuk mengembangkan strategi pemasaran, maka suatu perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran yang mampu mempengaruhi konsumen yang menjadi target marketnya, sehingga penentuan segmentasi pasar, pemilihan pasar sasaran, dan kemudian positioning sebagai pedoman dari strategi bauran pemasaran menjadi penting untuk diperhatikan dengan baik.

Dalam proses pemasaran, segmentasi tidak berdiri sendiri. Kotler menandaskan bahwa segmentasi merupakan kesatuan dengan targeting dan positioning. Kotler menyingkat hubungan ini sebagai STP (segmentasi, targeting, positioning). Proses ini merupakan bagian dari penciptaan dan penyampaian nilai kepada konsumen. Kata nilai member arti tersendiri yaitu memberi kenikmatan bagi konsumen karena menerima pelayanan yang baik, harga yang memuaskan, citra yang kuat, penyampaian tepat waktu, maka tindakan produsen memilih nilai melalui pemilihan segmentasi, targeting, positioning yang baik. Selanjutnya nilai itu dikembangkan dengan lebih konkret dalam bentuk marketing mix. Bentuk marketing mix sangat luas mencakup pendesainan produk, mencari pemasok, penetapan harga, pendistribusian dan promosi penjualan.

Adapun segmentasi pasar menjadi strategi yang sangat menarik, dapat dijalankan, dan beroperasi sangat menguntungkan di pasar global saat ini. Kondisi-kondisi yang penting bagi segmentasi yang berhasil adalah populasi yang cukup besar dengan uang yang cukup dan siap dibelanjakan, keanekaragaman perbedaan yang cukup besar sehingga memungkinkannya untuk dipisahkan menjadi segmen-segmen yang cukup besar atas dasar variable demografis, psikologis, atau berbagai variable strategis lainnya.

Strategi segmentasi memungkinkan produsen menghindari persaingan langsung di pasar dengan membedakan pnawaran mereka, tidak hanya berdasarkan harga, tetapi juga berdasarkan corak, kemasan, daya tarik promosi, cara distribusi dan pelayanan yang unggul. Langkah pertama dalam menyusun strategi segmentasi adalah memilih dasar yang paling tepat untuk membagi pasar. Sembilan kategori utama karakteristik konsumen menjadi dasar yang paling popular untuk melakukan segmentasi. Termasuk didalamnya factor geografis, demografis, psikografis, psikologis, social budaya, segmentasi terkait pemakaian, segmentasi situasi pemakaian, segmentasi manfaat, segmentasi gabungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar