Kamis, 12 November 2009

ANALISIS JURNAL 3

ANALISIS JURNAL “Pengaruh Kualitas Teknik, Kualitas Fungsional, dan Aktivitas Pemasaran Tradisional Terhadap Citra Perusahaan PT. TELKOM Kantor Daerah Tasikmalaya”.

Kartawan1), Toto Sugiharto S2), Sumarna3)

tsharto@gunadarma.ac.id

Pascasarjana Universitas Gunadarma

PT. Telkom Tasikmalaya

§ Judul :

Pengaruh Kualitas Teknik, Kualitas Fungsional, dan Aktivitas Pemasaran Tradisional Terhadap Citra Perusahaan PT. TELKOM Kantor Daerah Tasikmalaya.

§ Masalah :

1. Citra PT. Telkom Kantor Daerah Kandatel Tasikmalaya di hadapan para pelanggannya belum sepenuhnya diketahui.

2. Pengaruh Kualitas Teknikal, Kualitas Fungsional, dan Aktivitas Pemasaran Tradisional terhadap citra perusahaan PT. Telkom kantor daerah Tasikmalaya belum secara jelas diketahui.

§ Tujuan :

1. Mengukur dan menganalisis persepsi konsumen tentang citra PT. Telkom kandatel Tasikmalaya.

2. Mengukur pengaruh dari Kualitas Teknikal, Fualitas Fungsional, dan Aktivitas Pemasaran Tradisional terhadap citra PT. Telkom kandatel Tasikmalaya.

§ Hasil :

1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Telkom Kantor Daerah Tasikmalaya memiliki citra dalam kategori baik dihadapan pelanggannya.

2. Dimensi-dimensi yang terdapat pada variabel kualitas teknik, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional berkorelasi positif dengan citra perusahaan.

3. Secara serempak variabel kualitas teknik, kualitas fungsional, dan pemasaran tradisional berpengaruh nyata terhadap citra perusahaan. Sedangkan secara parsial hanya variabel kualitas teknik dan aktivitas pemasaran tradisional yang berpengaruh nyata terhadap pembentukan citra perusahaan. Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun secara individu variabel kualitas fungsional tidak berpengaruh nyata terhadap pembentukan citra perusahaan, namun ketika dipadukan dengan dua variabel lainnya, variabel ini memiliki kontribusi dalam meningkatkan citra perusahaan.

§ Metodologi :

Ø Objek Data

Teknik pengumpulan data menggunakan data primer, yaitu dengan cara penyebaran kuesioner. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini telah diuji, yakni uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas teknik, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran terhadap citra perusahaan.

Ø Populasi dan Sampel

Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Telkom yang berada di wilayah kodya tasikmalaya., sebanyak 22.475 pelanggan. Kerangka pengambilan sampel diambil dari buku petunjuk telepon tahun 2001/2002. Ukuran contoh disatukan dengan menggunakan formula sebagai berikut (Zikmund, 1996).

N

n = –––––––

1 + Ne²

Dimana :

n = Ukuran Sampel yang diperlukan

N = Ukuran populasi

e²= Tingkat kesalahan 100 %

Menggunakan rumus diatas maka sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah 100.

Ø Variabel Penelitian

Variabel bebas (kualitas teknik, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional), Variabel Terikat (citra perusahaan).

Ø Model

Model Matematis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi dan korelasi spearman, untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara variabel kuaitas teknik, kualitas fungsional, dan aktivitas pemasaran tradisional dengan citra perusahaan. Adapun persamaan regresi linier sederhana yaitu :

Y = a + b (X)

Dimana : a = konstanta

b = koefisien regresi

Y = Variabel terikat (citra perusahaan)

X = Variabel bebas (kualitas teknik, kualitas fungsional, & aktivitas pemasaran).

Persamaan Korelasi Spearman :

6 ∑di²

rs = 1 – –––––––

n (n²-1)

dimana : rs = koefisien korelasi spearman

di = rangking tiap pengamatan

n = banyaknya pengamatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar